Sempat Vakum Beberapa Tahun, TPS3R Cemerlang Kini Beroperasi Kembali

Sempat Vakum Beberapa Tahun, TPS3R Cemerlang Kini Beroperasi Kembali

Smallest Font
Largest Font

SUKABUMI, BERITASUARA.COM - Sempat vakum beberapa tahun, Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS3R) Cemerlang, kini sudah mulai beroperasi kembali. Setelah kurang lebih satu bulan beroperasi, saat ini TPS3R Cemerlang sudah melakukan pengambilan dan pengolahan sampah, pada dua RT di wilayah sekitar.

Ketua TPS3R Cemerlang, Hendra Ruswana mengatakan, semenjak mulai beroperasinya kembali TPS3R Cemerlang saat ini, masyarakat merasa sangat terbantu sekali. Karena menurutnya, TPS3R bukan hanya sebagai pengambilan sampah di masyarakat saja, melainkan juga sarana mengedukasi warga untuk memulai memilah sampah dari rumah masing-masing.

"Saat ini sementara baru terjamah di dua ke-RT an saja. Saya yakin kedepannya, akan semakin bertambah lagi. Sehingga semakin banyak masyarakat yang memilah sampah sejak dari rumah masing-masing," ujar Hendra kepada Beritasuara.com, Selasa (19/03/2024).

Tak hanya itu, keberadaan TPS3R juga dinilai dapat membantu penambahan penghasilan bagi warga sekitar yang turut serta berkecimpung dalam proses pengolahan sampah di TPS3R Cemerlang tersebut.

"Jadi di TPS3R ini sampah yang masuk itu diolah dengan cara dipilah terlebih dahulu. Ada yang dijadikan bahan pupuk kompos, ada juga yang dipilah lalu dijual kembali kepada penampung. Jadi dari hasil pengolahan ini bisa menambah penghasilan warga sekitar," jelasnya.

Selain itu, Hendra juga menyebutkan bahwa hasil pengolahan sampah yang dilakukan di TPS3R Cemerlang mampu mengurangi volume pembuangan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Sukabumi, hingga 75 persen di setiap bulannya.

"Kebetulan lahan yang ada di TPS3R Cemerlang ini lumayan luas. Jadi bisa digunakan untuk pemberdayaan pembuatan pupuk kompos yang kemudian, digunakan untuk pembibitan tanaman yang ditanam di lahan TPS3R Cemerlang. Selain itu, disini juga ada daur ulang sampah plastik yang dibuat menjadi paving blok. Sehingga banyak potensi tambahan penghasilan warga yang bisa dihasilkan dari TPS3R Cemerlang ini," bebernya.

Sementara itu, Koordinator TPS3R Kota Sukabumi, Asep Juhadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah memberikan pendampingan serta edukasi kepada warga sekitar TPS3R Cemerlang, perihal pemilahan sampah. 

Dirinya juga meyakini bahwa, kedepannya nanti jika memang sudah berjalan normal, TPS3R Cemerlang ini mampu menjadi percontohan pengolahan sampah di Kota Sukabumi, yang targetnya untuk mengurangi volume pembuangan sampah ke TPA Kota Sukabumi.

"Saat ini kami terus berusaha mengedukasi masyarakat agar mulai melakukan pemilahan sampah sejak dari rumah masing-masing. Setelah itu, nanti sampah yang telah dipilah, akan diolah menjadi berbagai produk yang tentunya bisa menjadi tambahan penghasilan bagi masyarakat sendiri," ucapnya.

"Jadi target pengurangan volume pembuangan sampah ke TPA Kota Sukabumi tetap tercapai, masyarakat sekitar juga bisa merasakan manfaat dari program pemilahan sampah itu sendiri," pungkasnya.

Editors Team
Daisy Floren