Viral di Media Sosial Foto Sampah Berserakan, DLH Kota Sukabumi: Banyak Armada Pengangkut Sampah Rusak

Viral di Media Sosial Foto Sampah Berserakan, DLH Kota Sukabumi: Banyak Armada Pengangkut Sampah Rusak

Smallest Font
Largest Font

BERITASUARA.COM - Sempat geger di media sosial, tumpukan sampah terlihat berserakan di Jalan Bhayangkara, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, tepatnya di sebrang SDN Gunungpuyuh. Foto tumpukan sampah yang ada di jalur pedestrian itu, sempat ramai menyedot perhatian warganet di jejaring media sosial, Sabtu (10/08/2024).

Adanya tumpukan sampah tersebut, tentunya menjadi perhatian masyarakat setempat. Timbunan sampah yang terlihat menumpuk di jalan ini, menimbulkan bau tidak sedap dan mengganggu kenyamanan warga maupun pengendara kendaraan yang melintas.

Menyikapi hal itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi angkat bicara. Kepala Bidang Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peran Serta Masyarakat (PSLPM), pada DLH Kota Sukabumi, Arlan Paranti Rivai mengatakan, terjadinya penumpukan sampah di Jalan Bhayangkara ini dikarenakan saat ini di lokasi tersebut, sudah tidak terdapat lagi Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

“Dulu sebelum ada perbaikan jalur pedestrian, disini memang ada TPS yang besar, yang saat ini sudah ditiadakan. Hingga saat ini kita (DLH Kota Sukabumi) masih kesulitan mencari Lokasi TPS baru, meskipun sudah melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan setempat, memang belum ada Lokasi gantinya (TPS),” ujar Arlan kepada awak media.

Lanjut Arlan, sebelumnya DLH Kota Sukabumi juga sempat mensiasati pengganti TPS yang ada di lokasi, dengan membagikan gerobak sampah ke setiap RT di wilayah sekitaran TPS. Namun memang, menurutnya hal tersebut masih belum dapat mengcover seluruhnya, sehingga masih terjadi penumpukan pembuangan sampah di Jalan Bhayangkara tersebut.

Selain penambahan gerobak, dirinya juga menyebutkan bahwa pihaknya juga sempat menyarakan agar sementara waktu ketiadaan TPS bisa disiasati dengan diadakannya bak container sampah. Namun memang, setelah dilakukan komunikasi, pihaknya mengalami kesulitan untuk lokasi penempatan bak container sampah tersebut.

“Kemarin sempat sudah diakomodir dengan diberikannya gerobak sampah ke setiap RT sekitar. Dengan adanya pemberian gerobak di setiap RT terseut diharapkan, dapat sesuai antara waktu pegambilan sampah ke rumah warga, dengan jadwal rute mobil pengangkutr sampah DLH Kota Sukabumi,” jelasnya.

“Namun memang, saat ini sempat ramai itu karena ada beberapa armada pengangkut sampah kami (DLH Kota Sukabumi) yang sedang dalam perbaikan. Tentunya, itu sangat berpengaruh terhadap rute maupun jadwal pengambilan sampah kami ke Masyarakat,” sambung Arlan.

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
Beritasuara.com Administrator